Pengertian Power Point
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam kalangan pelajar, powerpoint
sudah dikenalkan ketika di bangku SMA. Powerponit basa digunakan untuk
mempresentasikan suatu materi baik ketika dalam peerjaan maupun dalam proses
pembelajaran. Dalam makalah ini penulis akan menerangkan lebih rinci lagi
penegertian dari powerpoint, kelebihan dan kekurangan powerpoint. PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi
yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat
disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi text, gambar dan grafik,
foto, suara, film atau video.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apakah yang dimaksud dengan microsoft office powerpoint?
2.
Bagaimanakah cara mengaktifkan powerponit?
3.
Apa sajakah bagian- bagian dalam powerponit?
1.3
Tujuan
1.
Dapat mengetahui pengertian microsoft office powerpoint
2.
Dapat mengetahui cara menjalankan microsoft office powerpoint
3.
Dapat mengetahui bagian- bagian dalam powerpoint
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Microsoft Office Powerpoint
Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer
untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi
kantoran mereka, Microsoft Office, Microsoft Power Point adalah software
untuk pembuatan presentasi. Jika Microsoft Word digunakan untuk mengolah kata
dan Microsoft Excel untuk mengolah angka maka PowerPoint digunakan untuk
mempresentasikan hasil akhirnya. PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan
dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi
atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi: text,
gambar dan grafik, foto, suara, film atau video. Microsoft PowerPoint adalah
paket program komputer untuk presentasi yang bekerja dibawah sistem operasi
Microsft windows dan Apple Macintosh. Fiturnya yang dinamis, minimalis, dan
desain tampilan artistik yang membuat Microsoft PowerPoint ini merupakan
software yang menjadi andalan dalam melakukan presentasi.
Namun, dalam sebuah program tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu
pula dalam Microsoft PowerPoint juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
a. Kelebihan dari
Microsoft PowerPoint
1) Jendela
PowerPoint dilengkapi dengan menu - menu dan tombol - tombol toolbar yang
memungkinkan para pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah. Kelebihan ini
ditunjang dengan fitur - fitur lain yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi
presentasi.
2) Menyediakan halam kerja
berupa slide untuk mempermudah presentasi.
3) Dapat menggunakan
gambar , animasi dan file video dan audio dalam membuat slide persentase.
4) Dapat Menampilkan atau
mengimpor nilai dari Word dan Excel.
5) Menyediakan Fasilitas
agar lebih mudah membuat animasi atau menampilkan efek.
6) Menyediakan berbagai
desain tampilan yang cukup professional untuk bisa diterapkan dengan mudah.
7) Menyediakan banyak
template presentasi yang bisa digunakan, terutama yang bersifat open source
yang tersedia luas di internet.
b. Kekurangan Microsoft
PowerPoint
Microsoft
Office PowerPoint ini hanya dapat dijalankan atau dioperasikan pada sistem
operasi Windows saja.
2.2 Menjalankan Microsoft
PowerPoint
1) Membuka atau
mengaktifkan Microsoft PowerPoint
Banyak cara menjalankan powerpoint, namun proses standarnya, sebagai
berikut:
Klik tombol Start > All Programs > Microsoft Offce > Microsoft
Office PowerPoint.
Berikut tampilan dokumen Microsoft PowerPoint
Berikut tampilan dokumen Microsoft PowerPoint 2016
1) Membuat File Baru
Sebelum melakukan pekerjaan di lembar kerja Microsoft PowerPoint, terlebih
dahulu kita membuat file baru dan memilih template yang sudah disediakan,
berikut langkah-langkahnya :
a. Klik tombbol tab File
kemudian klik tombol New
b. Pilih Blank
Presentation untuk lembar kerja presentasi kosong, atau pilih salah satu template
yang tersedia dengan cara klik dua kali.
Menambah Teks Pada
Kotak Default Teks
Kotak default teks adalah kotak teks yang sudah disediakan oleh PowerPoint
pada lembar kerja. Untuk menambahkan teks, cukup klik pada bagian Click to
add title pada lembar kerja powerpoint, apabila sudah menulis teks klik
pada bagian luar.
1) Menambah Text Box
Jika merasa kurang kotak teks yang disediakaan pada jenis slide yang
digunakan, teman-teman dapat menggunakan Text Box seagai
pengganti kotak teks, berikut langkah-langkahnya :
Klik tombol tab ribbon Insert > Text
Box
Setelah itu buat sebuah
kotak dilembar kerja, kemudian ketik text yang mau dibuat.
2.1
Bagian- bagian Microsoft PowerPoint
Dalam Microsoft PowerPoint terdapat bagian- bagian utama dalam
tampilan utama yang mendukung dalam pembuatan persentase, yaitu nampak seperti
pada gambar berikut:
Dari gambar di atas nampak beberapa fitur- fitur dalam Microsoft
PowerPoint, yaitu:
1. Office Button, Office button fasilitas utama yang berisi pengatura dasar PowerPoint,
misalnya merubah warna halaman utama PowerPoint, jenis huruf, default lokasi
penyimpanan file, menambahkan menu tab (developer, dll).
- Tab Menu adalah Fitur-fitur yang terdiri dari menu File, home, insert, Design, Transitions, Animations, Slide Show, Review, view.
a)
Home, Menu tab ini berisi pengaturan dasar untuk halaman kerja PowerPoint
dan bagian edit (PowerPoint 2003) dialihkan ke menu Home, beberapa bagian menu
Home:
- Copy
- Paste
- Cut
- Layout
- Jenis font
- Ukuran font
- Pengeturan huruf: Tebal, Miring, Garis bawah
- Pengaturan teks: Rata kanan-kiri, Rata kiri, rata kanan, dan rata tengah. dll
b)
Insert, Memasukkan beberapa multimedia ke halaman kerja PowerPoint, misal:
gambar, video, teks, style teks, tabel, grafik, hiperlink
c)
Design, Rancangan tampilan background PowerPoint
d)
Animation, Menampilkan jenis-jenis animasi buat teks dan gambar. Ada empat
jenis bentuk animasi: Entranche, Emphasis, Exit, dan Motion Path
e)
Slide Show, berisi beberapa tombol perintah untuk mengatur slide saat
dijalankan.
f)
Review
g)
View
h)
Format, digunakan untuk mengolah objek terpilih. Tab ini bersifat dinamis
dan menyusaikan dengan format yang di perlukan oleh objek yang sedang aktif.
i)
Hasil pengembangan
- Quick Access toolbar digunakan untuk menampilkan perintah secara cepat atau merupakan penampilan ikon cara cepat seperti shortcut. Cara menggunakannya dengan mengklik ikonnya. Dalam versi dasar terdapat tiga ikon yaitu save, undo, dan redo.
Group Menu adalah fitur yang
terdiri dari beberapa perintah yang fungsinya saling berkaitan sebagai
contoh Group Menu Slides yang terdiri dari New Slide, Layout, Reset,
Section.
Keterangan gambar di atas:
a) Slide adalah kumpulan lembar kerja atau slide-slide yang digunakan
b) Outline adalah tampilan detail dari isi Slide yang telah di buat,
c) Halaman Kerja Power
Point adalah tempat dimana
anda akan menulis, atau memasukan gambar, suara, video dll yang dibutuhkan
untuk persentase,
d) Cutomize Status Bar adalah fasilitas untuk menamipilkan slide show atau hasil dari persentase
buatan anda, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan halaman kerja
power point.
1. Ribbon adalah Kumpulan dari group menu. Menu ini dirancang mudah dalam menemukan
fitur dan perintah dengan kategori yang tidak menyulitkan serta kumpulan grup
yang saling berkaitan satu sama lain. Hemat waktu dan cukup memudahkan dalam
membuat presentasi. Satu lagi fasilitas terbaru adalah dapat langsung melihat
perubahan huruf/obyek atas fitur yang ingin digunakan, sebelum menggunakannya.
1)
Ribbon Tab Home adalah menu yang
paling pertama yang didalamnya terdapat 4 (empat) grup tool dengan fungsinya
masing-masing yaitu: Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan
Editing. Grup tool ini berfungsi;
a) Clipboard, memungkinkan
Anda menggunakan tombol copy, paste, cut, dan format painter.
b) Slide, didalamnya
terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
c) Paragraph, didalamnya
terdapat tombol untuk mengatur posisi rataan (alignment), bullet and
numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
d) Drawing, didalamnya
terdapat tombol Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill,
Shape Outline, dan Shape Effects.
e) Editing, didalamnya
terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.
2) Ribbon Tab Insert bertujuan untuk memasukkan sesuatu obyek dalam slide presentasi. Tab Insert
terdiri dari beberapa group tool, antara lain:
a)
Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda.
b)
Images, untuk memasukan gambar, clipt art, screenshot dan photoAlbum
c)
Illustrations, didalamnya terdapat tombol yang bisa Anda gunakan untuk
menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart
(grafik).
d) Links, meliputi tombol
yang dapat digunakan untuk membuat link pada slide
e)
Text, memasukan teks box, header dan footer, WordArt, Tanggal dan Jam,
Penomoran slide, dan objek dari luar aplikasi.
f)
Symbol, memasukan simbol dan menulis rumus
g)
Media Clips, untuk menambahkan file sound (suara) atau movie (film)
dalam slide.
3) Ribbon Design berkaitan dengan desiain slide pada presentasi. Tab Design terdiri dari
beberapa tool group, antara lain Page Setup, Themes, dan Background,
berfungsi untuk mendesain slide Anda. Berikut adalah penjelasannya :
a) Page Setup,didalamnya
terdapat tombol untuk mengatur model dari slide, ukuran slide dan apakah model portrait
atau landscape.
b) Themes, berkaitan
desain tema yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2010.
c) Background, untuk mengatur latar belakang agar slide tampak lebih hidup dan indah,
kita juga bisa mengatur, memasukan background secara mandiri disini.
4) Ribbon Tab Animations mengatur animasi dalam presentasi. Melalui tab ini Anda bisa
menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada slide Anda. Terdapat 4 tool
group yang bisa Anda gunakan, antara lain :
a) Preview, tombol ini biasa juga disebut pratayang atau melihat sementara hasil dari
animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
b) Animations, Anda dapat
memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom
animations.
c) Advanced animation,
tambahan animasi lebih lanjut
d) Timing, untuk mengatur
durasi slide dan urutan.
5) Ribbon Slide Show mengatur bagaimana slide ditampilkan dalam presentasi, termasuk didalamnya
misalnya dari slide berapa yang akan pertama ditampilkan.Menu Slide Show
terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
a)
Start Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah
dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from
current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
b)
Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk
menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration)
dan menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
c)
Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool
group ini.
6) Ribbon Review digunakan untuk mereview slide
presentasi sebelum disimpan, dicetak atau dipresentasikan. Terdapat tiga tool
group pada Ribbon Tab Review ini, antara lain : Proofing, digunakan untuk
melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide. Language,
Comments, Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat dan Compare,
untuk pengaturan comment.
7) Ribbon View berkaitan pilihan-pilihan tampilan slide apakah dalam mode normal
ataukah Anda memilih yang lain. Tool group yang terdapat pada Ribbon
Tab ini antara lain:
a)
Presentation Views, pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari
slide yang telah Anda buat. Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter,
notes page, dan slide show. Selain itu Anda juga dapat membuat slide
Master sesuai dengan desain yang Anda inginkan.
b)
Show/Hide, untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa
menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
c)
Zoom, Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara
normal.
d)
Color/Grayscale, Pada bagian ini Anda dapat menentukan apakah slide yang
Anda buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale).
e)
Window, Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade,
split, atau berpindah ke window lain.
8) Ribbon Transition berkaitan pilihan-pilihan gerak slide yang mencakup preview, Transition to
this slide, dan Timing.
a) Preview, pada bagian
ini kita bisa melihat tampilan slide saat dijalankan
b) Transition to this
Slide, Transisi slide yang aktif.
c) Timing, pengaturan
waktu gerak slide, apakah secara otomatis atau klik mause
9) Ribbon Format Shape
Word Art saat kita membuat
objek maka akan muncul ribbon Format yang berhubungan dengan pengaturannya,
warna objek, Outline, Effek objek,posisi objek, ukuran dan seterusnya.
10) Ribbon Format Gambar saat kita membuat objek gambar maka akan muncul ribbon format gambar yang
berhubungan dengan pengaturannya, Remove background berhubungan dengan
pengaturan warna, lebih terang, warna, dan effek artistik, Picture styles
adalah style gambar, border, effek dan layout, juga Arrange, berhubungan dengan
posisi gambar dan Size, pengaturan ukuran tinggi dan lebar gambar dan kroping.
11) Ribbon Design Table saat kita membuat Tabel akan muncul ribbon Design, yang berhubungan dengan
pengaturan, warna tulisan dalam tabel, border, ataupun tebal tipisnya garis.
12) Ribbon Layout Table saat kita membuat Tabel akan muncul ribbon Layout, yang berhubungan dengan
pengaturan table, baris dan kolom, pengabungan baris atau kolom, margin cell,
lebar dan tinggi tabel dan pengaturan posisi tabel.
13) Ribbon Layout Chart setelah kita membuat Grafik atau Chart akan muncul ribbon Layout, yang
berhubungan dengan pengaturan chart tadi, Insert gambar, objek, dan text box,
juga chart title/judul tabel, legend, pengaturan background, dan seterusnya.
2. Tab Ribbon, terdiri dari beberapa tab yang mengorganisasikan berbagai perintah.
Masing-masing tab terdiri dari beberapa groups dan setiap groups terdiri dari
beberapa tombol perintah.
3.
Tombol Ribbon Option & help, tombbol ribbon
options digunakan untuk menentukan tampilan ribbon yang akan digunakan,
sedangkan tombbol help digunakan untuk mencari tutorial cara pengguanaan
Microsft Word 2016.
4.
Tombol Sign In, digunakan untuk melakukan
integrasi dengan SkyDrive.
5.
Group, meruapakan isi dari
tab ribbon yang dimana berisi beberapa tombol perintah untuk mejalankan
perintah tertentu.
6.
Tombol Expand, digunakan untuk
memunculkan kotak dialog setiap group yang berisi berbagai fitur dan perintah.
7.
Lembar kerja, tempat untuk mengetik
dan mengolah teks, serta menambahkan koten lainya seperti gambar, table,
grafik, dan lain-lain.
8.
Outline, tampilan beberapa
lembar kerja.
9.
Status Bar, meruapakan bagian
yang berisi informasi tetang halaman yang sedang aktif, seperti nomor urut
halaman dan jumlah halaman.
10. Tombol Notes &
Comment, digunakan untuk
memunculkan kolom Notes dan Comment
11. Zoom Level, digunakan untuk mengatur tampilan ukuran lembar kerja microsft word
12. View Mode, digunakan untuk merubah tampilan lembar kerja Microsft Word
BAB III
PENUTUP
1.1
Kesimpulan
Microsoft PowerPoint adalah paket program komputer untuk presentasi yang
bekerja dibawah sistem operasi Microsft windows dan Apple Macintosh. Fiturnya
yang dinamis, minimalis, dan desain tampilan artistik yang membuat Microsoft
PowerPoint ini merupakan software yang menjadi andalan dalam melakukan
presentasi. Namun, Microsoft PowerPoint juga memiliki kelebihan dan kekurangan dari fitur yang dimiliki. Adapun bagian- bagian Microsoft
PowerPoint yaitu Title Bar, Tab File, Quick Access
Toolbar, Tab Ribbon, Tombol Ribbon Option & help, Group, dan
seterusnya.
.
Komentar
Posting Komentar